FoxSpeedMembahas tentang Tanaman, Bunga dan Buah

Jagung Memiliki Banyak Manfaat dan Mudah dalam Penanamannya

Released on 2016-04-15 12:50:53  |  Posted by FoxSpeed

Pada kesempatan kali ini saya ingin membuat sebuah artikel atau lebih tepatnya sebuah postingan tentang mafaat dari buah jagung dan penanamannya yang sangat begitu mudah, khusunya bagi orang awam yang ingin mencoba untuk menanamnya.

Pengertian Singkat tentang Buah Jagung
Sebelum kita mengenal lebih dalam tentang buah jagung, ada baiknya kita harus mengerti apa itu sebenarnya buah jagung. Jadi buah jagung adalah salah satu dari sekian tanaman pangan yang menghasilkan karbohidrat yang merupakan sumber energi bagitubuh kita dan selain jagung ada beberapa tanaman lain yang dapat menghasilkan karbohidrat yaitu gandum dan padi. Untuk beberapa penduduk di Dunia, masih ada yang menjadikan buah jagung sebagai bahan makanan pokok. Pada sekarang ini, buah jagung menjadi pakan penting untuk ternak. Bahkan dapat dijadikan sebagai bahan minyak, tepung, makanan atau kue dan menjadi produk industri lainnya.

Manfaat dari Buah Jagung
Buah jagung kini telah menjadi buah yang serba bisa dipakai, jadi tidak heran bahwa buah jagung memiliki banyak manfaatnya. Yaitu yang pertama adalah manfaat buah jagung bagi kesehataan tubuh kita, seperti sebagai sumber energi karena buah jagung dapat menghasilkan karbohidrat serta memiliki banyak vitamin dan gizi yaitu vitamin A, vitamin B1 dan vitamin B12. Dan yang kedua adalah manfaat dari buah jagung sebagai pakan ternak, jika kita memberikan pakan ternak kita dengan buah jagung khusunya ternak unggas, maka akan meningkatkan berat badan dari ternak tersebut. Kemudian yang terakhir adalah sebagai pembuatan makanan atau kuliner, di zaman sekarang ini sudah banyak sekali makanan yang dihasilkan dari buah jagung sebagai bahan utamanya, yaitu seperti puding, kue basah, kue bolu, kukus jagung, kue kering, roti goreng isi jagung dan masih banyak lainnya.

Bercocok Tanam Jagung
Dalam melakukan bercocok tanam dengan tanaman jagung, sagatlah mudah karena hanya memanfaatkan dari sinar matahari dan air saja serta untuk menghasilkan buah jagung yang maksimal hanya perlu ditambah dengan pupuk organik maupun pupuk buatan. Oke langsung saja yang pertama yaitu pengolahan lahan, lakukannlah pencangkulan tanah yang ingin ditanam lalu setelah selesai dicangkul maka diamkan selam beberapa minggu yaitu sekitasr 1-2 minggu saja, jangan lupa untuk memberi pupuk organik agar meningkatkan kulitas dari tanah serta buatlah saluran air agar jagungnya tidak tegenang air ketika musim hujan. Lalu tanamlah jagung pada lubang yang telah anda buat dan maksimal 3 biji jagung pada setiap lubang yang anda buat. yang kedua adalah proses penyulaman tanaman jagung, yaitu setelah 5-6 hari, ceklah tanaman jagung anda dan gantilah bibit-bibit yang tidak tumbuh dengan bibit yang baru. Berikutnya yang ketiga adalah prose penyilangan, yaitu proses pembersihan tanah dari rumput liar, pemupukan serta penggunaan pestisida proses ini dilakukan setelah 12-17 hari setelah penanaman. Kemudian tahap berikutnya adalah proses penyiraman pada proses ini lakukannlah penyiraman air secara rutin agar menjaga kelembaban tanah, karena jagung yang sudah muncul bunganya, sangatlah memerlukan air yang cukup banyak. Dan yang terakhir adalah proses pemupukan, yaitu pada proses ini buah jagung sudah mulai muncul, untuk membuat kualitas jagung lebih bagus, sagatlah diperlukan tambahan pupuk buatan. Setelah jagung telah berumut sekitar 45-60 hari barulah jagung tersebut dapat dipanen.

Demikianlah postingan saya kali ini yang berjudul tentang jagung memiliki banyak manfaat dan mudah dalam penanamannya, sampai jumpa pada postingan berikutnya yang membahas tentang tanaman, bungan dan buah. Dan saya sangatlah berterima kasih karena sudah berkunjung dan membaca artiker ini.


This template downloaded form free website templates